Monday, March 3, 2014

Pulau Unik yang Terbuat dari Jutaan Kerang



Di ujung Petite Cote sebuah hamparan pantai di Senegal, terdapat sebuah desa nelayan yang bernama Joal-Fadiouth. Joal terletak di daratan, sementara Fadiouth merupakan sebuah pulau yang dibangun keseluruhannya dengan menggunakan kerang. Selama lebih dari satu abad, penduduknya telah rutin mencari kerang untuk diambil dagingnya dan menggunakan cangkang kosongnya untuk membangun pulau kecil mereka. Kerang ini telah terakumulasi selama bertahun-tahun dan dikuatkan oleh akar mangrove, alang-alang dan Baobab raksasa sehingga bisa membentuk sebuah pulau. 

Joal dan Fadiouth dihubungkan oleh sebuah jembatan sepanjang 400 meter yang terbuat dari kayu yang lumayan sempit. Untuk mencapai fadiouth pengunjung hanya dapat berjalan kaki menyusuri jembatan kayu tersebut.

Fadiouth dikenal juga digunakan untuk pemakaman, yang juga terbuat dari kerang. Penduduk Fadiouth Island yang sebagian besar Kristen, membangun pemakaman sendiri tetapi penduduk Fadiouth mereka juga sebagian juga memeluk Islam , toleransi antar umat beragama di sini sangatlah kuat walaupun mereka berbeda agama namun mereka dapat hidup berdampingan dengan tentram.

Tumpukan kerang kosong terhampar di mana-mana, di jalan-jalan, tembok bangunan maupun area pemakaman. Pernak pernik kerajinan tangan yang dibuat oleh penduduk setempat juga dapat dijadikan souvenir untuk oleh-oleh bagi para wisatawan.

Gambar-Gambar

Petite Cote


Suasana di Joal

Hamparan Karang

Jembatan Penghubung Pulau

Penduduk Fadiouth

Dinding dengan Hiasan Kerang

Dinding Penuh Kerang

Pemakaman yang Berdampingan
Pemakaman Warga Muslim
Pemakaman Warga Kristiani

0 comments:

Post a Comment