Wednesday, February 19, 2014

Macam-Macam Istilah Cinta



Penggunaan istilah cinta dalam masyarakat melayu lebih dipengaruhi perkataan love dalam bahasa Inggris. Love digunakan dalam semua amalan dan arti untuk eros, philia, agape dan storge.

1. Eros


Eros adalah cinta yang lebih cenderung kepada romantis, asmara dan hawa nafsu.Cinta jenis ini menggambarkan nafsu ego. Faktor fisik, kekayaan, dan kekuasaan masih menjadi pertimbangan seseorang untuk mencintai seseorang. Namun, cinta ini juga bisa menggambarkan semangat, gairah, passion yang begitu menggelora dan berapi-api. Biasanya, cinta Eros biasanya tidak akan bertahan lama mengingat cinta ini masih tumbuh atas egoisme masing-masing pelakunya.

2. Philia


Philia adalah cinta yang muncul secara natural bahwa mereka cocok satu sama lain. Cinta jenis ini dalam sebuah hubungan dapat muncul ketika pasangan sudah begitu nyaman satu sama lainnya. Hubungan ini bukan lagi sekedar nafsu atau ketertarikan fisik. Cinta philia tak terbatas pada hubungan cinta dengan pasangan, namun juga pada sahabat, teman-teman dan keluarga

3. Storge 


Storge adalah jenis cinta yang muncul karena ikatan darah, patriotisme, nasionalisme dan narsisme. Misalkan seperti apapun anaknya kelak, seorang ibu pasti akan menyayanginya karena merupakan ikatan darah. Jenis cinta ini juga seperti kecintaan seseorang pada negaranya karena seseorang tidak bisa memilih dimana ia dilahirkan dan garis keturunannya. Termasuk juga kecintaan seseorang pada dirinya sendiri atau narsisme. Perasaan tersebut merupakan hal yang alami dan muncul dengan sendirinya.

4. Agape


Agape adalah jenis cinta yang paling indah dan murni. Jenis cinta ini sudah tidak memandang pribadi seseorang seperti, apakah ia cantik, apakah ia kaya. Cinta Agape merupakan cinta tanpa balas dan tanpa syarat. Menerima seutuhnya tanpa pamrih apapun. Agape adalah Kasih yang lebih cenderung kepada keluarga dan Tuhan

0 comments:

Post a Comment